KAMU HARUS TAHU ,TEMANNYA YANG BELUM TAHU DIBERI TAHU YA !!BEGINI CARA MUDAH MENGETAHUI KONDISI KESEHATAN TUBUHMU MELALUI FESES

Semua zat yg tidak diperlukan tubuh di keluarkan saat buang air besar berbentuk feses atau tinja. Nyatanya, kondisi feses dapat menggambarkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
Untuk tahu apakah tubuh mempunyai masalah yaitu dengan mengecek warna serta tekstur feses.
Warna serta Tekstur Feses Beserta Artinya
Sebelum di keluarkan dalam bentuk feses, makanan yang Anda mengkonsumsi biasanya lewat sistem pencernaan terlebih dahulu. Lamanya sistem itu tidak sama tiap-tiap orang, tetapi wajarnya adalah 3 hari. Demikian pula frekuensi pembuangan zat sisanya. Beberapa orang buang air besar sekali hingga 2 x satu hari, ada pula yang satu minggu sekali atau 2 x. Wajarnya manusia keluarkan feses berwarna cokelat, berbentuk seperti sosis dengan permukaan yang halus atau kasar. Feses Anda juga gampang di keluarkan namun tak begitu berair.
Jika feses Anda mempunyai warna serta tekstur berbeda, mungkin ada gangguan pada tubuh Anda. Tersebut penjelasannya :
Dari sisi warna
Hijau. Feses berwarna hijau sebenarnya dapat dikatakan normal. Hal semacam ini mungkin terjadi disebabkan sistem pencernaan makanan terlampau cepat (kurang dari tiga hari). Makanan yang Anda konsumsi seperti sayuran atau suplemen zat besi juga bisa bikin warna feses jadi hijau.
Feses berwarna hijau bisa juga jadi tanda Anda alami diare. Hal semacam ini karena mungkin saja makanan terlampau cepat bergerak ke usus besar. Mengakibatkan, empedu tak punya saat untuk mencernanya dengan sempurna sebelum di keluarkan waktu buang air besar.
Kuning. Feses berwarna kuning yang terlihat berminyak serta berbau busuk dapat disebabkan karena gangguan pencernaan seperti penyakit seliak. Hal semacam ini dapat bikin feses alami kelebihan lemak. Kandungan gluten protein dalam roti serta sereal terkadang jadi pemicunya.
Putih. Jika feses berwarna putih, jelas, atau berwarna seperti tanah liat, mungkin saja saluran empedu Anda tersumbat. Penyakit hati juga mungkin jadi penyebabnya. Obat-obatan seperti subsalisilat dalam dosis besar serta obat anti diare juga mungkin membuat feses Anda berwarna putih.
Merah jelas. Warna merah pada feses disebabkan oleh perdarahan pada saluran usus sisi bawah, seperti usus besar atau rektum. Wasir juga bisa membuatnya jadi merah.
Asupan pemicunya antara lain juice tomat, buah bit, buah cranberry, gelatin merah, atau hidangan mengandung zat pewarna merah.
Hitam. Kondisi ini disebabkan karena saluran pencernaan sisi atas, seperti perut (lambung), alami perdarahan. Ini dapat disebabkan oleh maag atau kanker. Meski begitu, feses berwarna hitam adalah efek samping yang umum terjadi ketika Anda konsumsi vitamin zat besi atau obat-obatan yang mengandung subsalisilat.
Dari sisi tekstur
Jika Anda mengeluarkan feses berupa seperti kacang serta susah untuk di keluarkan, kemungkinan Anda alami konstipasi. Begitu juga jika feses Anda berupa seperti sosis namun menggumpal.
Anda mungkin mengalami diare jika feses yang keluar berbentuk gumpalan lembut yang gampang untuk di keluarkan atau berupa cairan.
Kondisi kesehatan Anda juga bisa terdeteksi dengan menganalisis sampel feses Anda di laboratorium. Tes ini dapat mengindentifikasi apakah Anda mempunyai penyakit pada saluran pencernaan, pankreas, serta hati. Tes juga berfungsi untuk lihat apakah ada parasit seperti cacing kremi atau GiardiaGiardia, atau mencari tahu penyebab infeksi.
Untuk menjaga supaya feses Anda keluar dengan kondisi normal, memperbanyak mengkonsumsi serat serta air. Janganlah lupa untuk rutin berolahraga. Aktif bergerak dapat meningkatkan pergerakan saluran GI (gastrointestinal), metabolisme, serta proses pencernaan.
SHARE

KESEHATAN

Hi. selamat membaca artikel di blog ini semoga bermanfaat silahkan di share ke teman teman kamu ya...:)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar